Saat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) dapat membuat bertambahnya hasrat belanja online. Mulai dari keperluan sehari-hari atau jajan yang sebenarnya tidak begitu penting. Imbasnya, WFH membuat tambah konsumtif give boros. Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan pada momen WFH ini supaya tetap hemat? Hal yang tidak boleh diabaikan adalah prioritas kebutuhan. Paling tidak ada 3 alokasi anggaran yang harus didahulukan. Fokusnya di 3 anggaran ini, belanja dapur, misalnya makanan, bumbu dan minuman. Setelahnya kebersihan pribadi, rumah hingga kesehatan.

Utamakan Belanja Kebutuhan Sehari-Hari


Berbagai kebutuhan itu wajib diseleksi. Caranya, buat list barang keperluan yang memang penting untuk segera dipenuhi dalam belanja online. Sementara, keinginan diletakkan susudah kebutuhan utama dipenuhi. Pada kondisi pandemi Covid-19 yang serba tidak pasti ini, khususnya untuk pekerja yang tidak mempunyai gaji tetap, penting untuk melakukan pengaturan ekstra.

Kurangi pos pengeluaran yang tidak perlu, utamakan untuk belanja kebutuhan hidup. Bila Anda termasuk golongan pekerja yang dapat keringanan pembayaran cicilan kredit kendaraan dari pemerintah, segeralah ajukan. Belanja bulanan merupakan kegiatan yang sangat penting untuk semua orang, baik untuk Anda hidup sendiri atau dengan keluarga.

Sayangnya, aktivitas belanja dapat berujung bencana untuk dompet Anda bila tidak direncanakan dengan baik. Jalan di antara lorong barang tidak cuma menghabiskan waktu, namun tanpa sadar Anda banyak membeli barang yang pada dasarnya tidak Anda perlukan.

- Atur Manajemen Budget Belanja

Membuat anggaran merupakan langkah penting untuk segala hal yang melibatkan uang. Ini merupakan hal pertama yang wajib dilakukan bila Anda memang ingin hemat dan menekan pengeluaran. Dari mana Anda dapat budget belanja? Pastinya dari budget bulanan keuangan yang teah Anda buat sebelumnya.

Anda dapat melakukan estimasi pengeluaran belanja dengan mencermati kembali pengeluaran bulan sebelumnya. Tetapkan jumlah sesuai dengan keperluan Anda, setelahnya Anda bisa pergi belanja. Karena anggaran yang Anda tentukan merupakan budget bulanan, maka belanjalah untuk keperluan selama sebulan plays.

- Manfaatkan Promo Belanja Online

Pada era belanja online seperti saat ini, sayang rasanya jika Anda tidak memanfaatkannya. Cek satu-satu barang yang telah Anda tulis, lalu bandingkan harganya dengan situs belanja online. Marketplace umumnya menawarkan harga khusus lebih murah dari toko fisik.

Go play dapat memanfaatkan berbagai momen, seperti momen ulang tahun situs belanja online. Biasanya situs belanja online memberikan diskon ulang tahun saat merayakan hari jadi. Potongan harga saat tanggal cantik plays bisa Anda manfaatkan, seperti promo 10.10, promo 11.11, sampai Harbolnas promo 12.12 di akhir tahun.

Jangan magnifying glass perhitungkan ongkos kirim yang harus Anda bayar, khususnya bila lokasi online shop jauh dari tempat Anda tinggal. Jika sesudah memperhitungkan semua aspek itu Anda dapat harga yang lebih murah, sebaiknya pakai cara ini saja. Mencermati harga barang satu per satu mungkin menghabiskan banyak waktu. Tetapi bila Anda ingin berhemat, cara ini wajib dilakukan.

- Buat Daftar Belanja Barang

Langkah berikutnya yang harus dilakukan agar hemat pengeluaran dalam belanja adalah membuat list barang apa yang diperlukan. Contohnya list keperluan selama sebulan. Pastikan list tersebut meliputi semua jenis barang, seperti bumbu, bahan makanan, kebutuhan toilet dan lainnya.

Upayakan tidak ada barang yang terlewat. Sesudah seslesai membuat list, kuatkan diri untuk hanya beli apa yang telah ditulis di sana. Jangan biarkan kills Anda melihat barang lain yang tidak ditulis. Melalui cara ini, anggaran yang telah Anda atur tidak membengkak dan tak ada pengeluaran berlebih.

- Pembulatan Estimasi Belanja

Tidak semua produk dijual dengan harga pembulatan, khususnya produk yang sedang diskon. Contohnya untuk barang seharga Rp 123 ribu dikurangi diskon 10%, maka tinggal dikurangi saja dengan jumlah diskon dan Anda mendapatkan angka Rp 110,700. Bulatkan angka terakhir sampai harga barang jadi Rp 111 ribu. Bila Anda melakukan hal ini di semua item, Anda bisa merasa puas ketika membayar di kasir sebab dapat belanja di bawah anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya.

Selalu Cermat & Teliti dengan Persediaan

Kesalahan paling sering dilakukan sebelum belanja yaitu beli barang yang habis di dapur. Anda memang harus mengecek stok barang di dapur, tetapi bukan untuk mencari tahu mana yang telah habis. Tuliskan bahan apa saja yang masih Anda miliki, lalu makanan apa yang dapat diolah memakai bahan-bahan tersebut. Dengan begitu, Anda dapat menghemat pengeluaran untuk belanja, sebab tidak harus beli banyak barang. Bila memang ada barang-barang yang harus dibeli dan tidak dapat digantikan barang lain, masukkan saja pada daftar belanjaan yang wajib dibeli.